COMPUTER SOCIETY OF INDIAN
KODE ETIK UNTUK IT
PROFESIONAL
Kebutuhan untuk
Kode Etik untuk CSI telah dirasakan untuk waktu yang lama. Hal ini telah
dirumuskan.
1.
Seorang
anggota Profesional Masyarakat Komputer India (CSI) harus:
·
mengatur
sumber daya yang tersedia baginya dan mengoptimalkan dalam mencapai tujuan
organisasinya,
·
menggunakan
kode praktek yang disampaikan oleh CSI dari waktu ke waktu dalam menjalankan
tugasnya,
·
tidak
menyalahgunakan kewenangannya atau kantor untuk keuntungan pribadi,
·
sesuai
dengan hukum India yang berkaitan dengan pengelolaan organisasinya terutama
yang berkaitan dengan Privasi dan Pembajakan, dan beroperasi dalam semangat
undang-undang,
·
melakukan
urusannya sehingga untuk menegakkan proyek dan selanjutnya citra dan reputasi
CSI,
·
menjaga
integritas dalam penelitian dan publikasi.
KODE PRAKTEK
2.
Seperti
menganggap ORGANISASI nya seorang IT profesional harus:
·
bertindak
dengan integritas dalam melaksanakan kebijakan mengerikan dan! instruksi organisasinya
dan menegakkan citra dan reputasi,
·
Rencananya,
membangun dan meninjau tujuan dan tugas untuk dirinya sendiri dan anak buahnya
yang kompatibel dengan Kode Praktek profesional lainnya dalam perusahaan, dan
mengarahkan semua usaha yang tersedia terhadap keberhasilan perusahaan bukan
dari dirinya sendiri,
·
sepenuhnya
menghormati kerahasiaan informasi yang datang kepadanya dalam perjalanan
tugasnya, dan tidak menggunakan informasi rahasia untuk keuntungan pribadi atau
dengan cara yang dapat merusak organisasinya atau klien-kliennya,
·
tidak
mengintai di sekitar dalam file komputer orang lain,
·
dalam
kontak dan berurusan dengan orang lain, menunjukkan integritas pribadi dan
kemanusiaan dan ketika dipanggil untuk memberikan pendapat dalam kapasitas profesionalnya,
wajib, yang terbaik dari kemampuannya, memberikan pendapat yang obyektif dan
dapat diandalkan.
3.
Mengenai
KARYAWAN, seorang IT profesional harus:
·
memberi
contoh kepada bawahannya melalui kerja sendiri dan kinerja, melalui
kepemimpinannya dan dengan memperhatikan kebutuhan dan masalah dari bawahannya,
·
mengembangkan
orang di bawah dia untuk menjadi memenuhi syarat untuk tugas-tugas yang lebih
tinggi,
·
membayar
hal yang tepat untuk keselamatan dan kesejahteraan personil untuk siapa dia
bertanggung jawab,
·
berbagi
pengalaman dengan sesama profesional.
4.
Mengenai
KLIEN, seorang IT profesional harus:
·
memastikan
bahwa hal semua kontrak dan persyaratan usaha dinyatakan dengan jelas dan tegas
dan dihormati,
·
dalam
keadaan tidak ada pasokan barang inheren tidak aman atau jasa,
·
tidak
menggunakan komputer untuk merugikan orang lain atau untuk bersaksi dusta,
·
bersikap
obyektif dan tidak memihak ketika memberikan saran independen.
5.
Mengenai
MASYARAKAT tersebut, seorang IT profesional harus:
·
membuat
penggunaan paling efektif dari semua sumber daya alam yang digunakan,
·
siap untuk
memberikan bantuan profesional dalam komunitas urusan,
·
bukan
output intelektual orang lain yang sesuai itu,
·
selalu
menggunakan komputer dengan cara yang menjamin pertimbangan dan menghormati sesama
manusia.
0 komentar:
Posting Komentar